Sabtu, 10 November 2012

Build Your Own Line Follower Robot





Buku ini menjelaskan pengenalan dasar pembuatan proyek mobile robot pengikut garis. Di dalam buku ini dijelaskan langkah-langkah dan cara perancangan robot pengikut garis menggunakan komponen IC yang tidak bisa diprogram ulang (unprogrammable LFR) serta robot pengikut garis yang menggunakan komponen IC yang bisa diprogram lagi (programmable LFR).
Penyajian yang sangat sederhana memudahkan pembaca dari kalangan pehobi elektronika tingkat pemula maupun advance, mahasiswa dan umum untuk memahaminya. Selain sebagai modul praktikum otomasi/robotika, buku ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan ajar mata kuliah mengenai kendali otomatis dan robotika. Bagi para mahasiswa yang ingin mengikuti event kontes robot Line Follower  yang cukup sering diselenggarakan, baik skala lokal maupun nasional (Indonesia), buku ini bisa digunakan sebagai referensi.
Keunggulan buku ini terletak pada penjelasannya yang sederhana mengenai proses perancangan robot pengikut garis karena disajikan secara bertahap muali dari tahap pencarian ide (ketertarikan), pembuatan desain dan sistem mekanik, pembuatan sistem elektronik, pembuatan PCB, pemasangan sensor dan pembuatan program pengendalian (untuk programmable LFR). Manfaat yang akan diperoleh setelah membaca buku ini adalah pembaca bisa langsung mempraktikan proses pembuatan robot pengikut garis.
Secara umum pembahasan buku ini meliputi :
 * Pengenalan Dasar Robotika
 * Pengenalan Peralatan, Alat Ukur dan Material
 * Mekanik dan Elektronik Robot Pengikut Garis
 * Pembuatan Printed Circuit Boards (PCBs)
 * Perbedaan Antara Unprogrammable dan Programmable Line Follower Robot
 * Uji Coba Robot Pengikut Garis

ISBN                                : 978-979-29-0633-2
Penulis                             : Taufiq Dwi Septian Suyadhi
Format/Jml. Hlm                 : 19x23, xxiv+144 halaman
Edisi/Cetakan                    : I, 1st Published
Thn Terbit                        : 2008
Beli                                 : Klik disini!

0 comments:

Posting Komentar