Senin, 22 September 2014

Robot B.E.A.M.

taufiqsuyadhi.com | Buku ini mengenalkan sebuah konsep ”luar biasa” dalam pembuatan robot. Konsep yang dapat memberikan pemahaman mengenai penerapan ilmu elektronika dalam pembangunan sistem elektronik dan sistem pengendalian suatu robot. Selain itu konsep ini juga memasukkan unsur alam sebagai sumber inspirasi pembuatan desain mekanik robot. Konsep tersebut bernama konsep biology, electronics, aesthetics, dan mechanics atau disingkat dengan BEAM.

Mengapa Saya katakan konsep ini luar biasa, karena konsep ini sederhana akan tetapi kontribusinya terhadap pengembangan robotika sungguh sangat besar.

Anda tidak akan paham mengenai konsep ini jika hanya membaca kata pengantar atau sinopsis buku ini. Untuk dapat memahami kosep ini secara lengkap, maka baca buku ini kemudian praktekkan apa yang telah Anda pelajari dari buku ini!

Untuk siapa buku ini ?
Buku ini diperuntukkan bagi siapa saja yang tertarik belajar robotika dan ingin menjadi salah satu pengembang (developer) ilmu robot di Indonesia.

Ringkasan isi buku ini adalah sebagai berikut:

1. Biologi
Bab ini memberikan penjelasan bahwa konsep robot yang akan kita pelajari dan bangun adalah menjadikan alam sebagai sumber inspirasinya, yaitu menjadikan bentuk fisik suatu binatang sebagai contoh desain mekanik robot. Misalnya, laron, kecoak, capung, ular, ikan, dan sebagainya.

2. Elektronika
Bab ini memberikan pengenalan dasar mengenai komponen elektronika analog & elektronika digital. Selain itu pada bab ini juga memberikan penjelasan mengenai pembuata sistem pengandali robot BEAM yang juga menjadikan alam sebagai sumber inspirasinya. Sistem pengendali tersebut meniru cara kerja sistem atau jaringan syaraf pada makhluk hidup termasuk manusia. Adalah syaraf elektronik (electronic neurons) yang dibuat dengan mengilhami cara kerja syaraf pada makhluk hidup dan digunakan sebagai pembangun sistem pengendali robot BEAM ini.

3. Aesthetics (estetika)
Bab ini mengajak Kita untuk mampu menilai keindahan (estetika) suatu model atau disain mekanik robot, apakah “baik” ataukah “buruk”.

4. Mekanik
Bab ini memperkenalkan beberapa bentuk mekanik robot BEAM yang sudah dibuat oleh para pengembang robot BEAM di dunia, dengan harapan setelah menyimak bab ini maka Anda sekalian segera memiliki ide desain mekanik robot BEAM Anda sendiri. Selain itu pada bab ini juga dikenalkan beberapa macam jenis penggerak/aktuator yang dapat digunakan dalam membangun robot BEAM.

5. BEAM Robotics
Bab ini adalah pendahulu dari buku ini. Anehkah? Dalam bab ini memberikan informasi mengenai definisi BEAM, pemilik ide/konsep BEAM, prinsip pembuatan robot BEAM, dan mitos-mitos mengenai orang-orang yang mempelajari tentang robot BEAM.

6. Membuat Robot BEAM
Bab terakhir buku ini mengajak Anda sekalian untuk “Praktek” membuat robot BEAM, yaitu robot laron dan robot kecoak.



Data Buku:
ISBN : 978-979-29-1746-8
Penulis : Taufiq Dwi Septian Suyadhi
Format/Jml. Hlm : 21 x 13,5, xx + 180 halaman
Edisi/Cetakan : I, 1st Published
Thn Terbit : 2014
Penerbit : Penerbit ANDI Yogyakarta
Pembelian : Klik di sini!

0 comments:

Posting Komentar