Sabtu, 13 September 2014

Panduan Mudah Pemrograman Robot

taufiqsuyadhi.com | Sesuai dengan judulnya, ”Panduan Mudah Pemrograman Robot” buku ini diperuntukkan bagi siapa saja yang tertarik belajar mengenai cara memprogram robot, mulai dari para pelajar usia sekolah SD, SMP, SMA/SMK, penghobi robotika pemula, mahasiswa, masyarakat umum, sampai dengan para guru (SD, SMP, & SMA/K).

Konsep dasar buku ini adalah sebagai buku panduan belajar pemrograman pengendalian robot. Buku ini memiliki keunggulan yaitu, pertama penjelasannya sederhana mengenai berberapa hal yang berkaitan dengan langkah-langkah pembuatan program pengendalian robot, sehingga akan memunculkan pemahaman dasar secara lengkap kepada pembaca, yaitu setelah membaca buku ini pembaca dapat langsung mempraktekan materi-materi dalam buku ini yang pada akhirnya pembaca dapat membuat program pengendalian robotnya sendiri. Kedua, contoh-contoh program yang diberikan cukup beragam serta menggunakan hampir semua pustaka lapangan (*.map) yang disediakan pada software RoboMind.

Secara umum pembahasan buku ini adalah:

1. Pendahuluan
Memberi informasi mengenai pengertian pemrograman robot, algoritma pemrograman, dan juga langkah-langkah membuat program. Langkah pembuatan program itu dimulai dari penentuan tujuan program, pembuatan algoritma, dan akhirnya pembuatan program dengan bahasa pemrograman tertentu.

2. ROBOMIND
Mengenalkan tentang software aplikasi yang akan digunakan dalam mempelajari cara membuat program pengendalian robot. Software tersebut adalah ”RoboMind”.

3. Dasar Pemrograman Robot
Memaparkan tentang dasar-dasar pemrograman pengendalian robot dengan software RoboMind yang meliputi penjelasan mengenai struktur dan cara penulisan bahasa program.

4. Latihan Membuat Program
Bagian ini berisi beberapa latihan membuat program pengendalian robot yang di uji coba pada berbagai macam area (map/game field).

5. Pengendalian Secara Manual
Menjelaskan kepada pembaca bahwa, selain pengendalian dengan program (otomatis) robot juga dapat dikendalikan secara manual, yaitu menggunakan remote control.

6. Penutup
Bagian ini beisi mengenai ‘closing statement’ Penulis mengeni keberadaan buku ini dan saran Penulis bagi pembaca setelah selesai membaca dan memahami secara keseluruhan isi buku ini.


Data Buku:
ISBN : 978-979-29-4104-3
Penulis : Taufiq Dwi Septian Suyadhi
Format/Jml. Hlm : 21 x 13,5 cm, xvi + 96 halaman
Edisi/Cetakan : I, 1st Published
Thn Terbit : 2014
Penerbit : Penerbit ANDI Yogyakarta

Pembelian : Klik disini!

0 comments:

Posting Komentar