Minggu, 13 November 2011

Bosan!



Bosan! Satu hal yang membuat orang menjadi bosan adalah ketika seseorang menemui sebuah keadaan dalam hidup yang membuatnya tidak 'asyik' dihati. Misal, ketika lagi di rumah tapi bingung mau aktifitas apa. Mau nonton TV, bosan karena sudah jengah dengan acaranya yang itu itu mulu'. Mau facebook-an, bosan karena yang dikerjakan hanya update status, lihat status orang lain, nunggu temen yang ngajakin chatting, atau malah bingung mau apa setelah buka akun FB. Mau bantuin istri masak, bersih-bersih rumah, atau 'momong' anak, ini sich aktifitas wajib disetiap hari. Kalau ini itu bikin bosen, lalu ngapain ya kalau pas dirumah enaknya, supaya nggak bosen gini?. 

Bagaimana dengan tidur?
Wah, kalau tidur khawatir malah semakin males dan nggak menghasilkan apa pun dalam seharian hidup. Jadi menurutku tidur bukan solusi yang tepat bagiku ketika aku dilanda bosan.

Bagaimana dengan pergi/keluar rumah? 'Hang-out' gitu?
Males, kalau nggak panas atau hujan cuacanya pasti kegiatan macam ini bisa nguras kantong yang akhirnya membobol pertahanan komitmen diri untuk berhemat. Hemat kan pangkal kaya kan? he he he.

Jadi apa dong aktifitas yang cocok untuk kita ketika rasa bosan membadai dihari-hari kita dan aktifitas itu bisa memunculkan 'manfaat' bahkan tambahan pemasukan finansial kita?

Menulis!
Hah...menulis?
Bagaimana bisa?

Ya...menulis, karena dengan menulis berarti seseorang akan melakukan aktifitas bermanfaat sebelum mulai menulis, aktifitas itu adalah MEMBACA. Bukankah membaca itu suatu kegiatan yang bermanfaat?

Yupp...membaca itu bermanfaat, karena dengan membaca seseorang akan memperoleh asupan ilmu-ilmu bermanfaat yang akan berguna dalam kehidupan. Ini selama bahan bacaanya adalah bacaan yang positif dan berkualitas.

Trus, mau nulis apa ya?

Ya...nulis apa saja yang ada didalam pikiran kita setelah kita menjelajah di belantara ilmu alias baca buku bermanfaat atau juga menuliskan segala bentuk inspirasi dan ide yang melintasi benak kita setelah kita mengalami suatu kejadian atau melakukan aktifitas hidup.

Lalu bagaimana bisa menulis bisa mempertebal kantong kita?

Jika ingin ada tambahan supply finansial, maka menulislah tulisan yang bisa dijual.

Hah...tulisan yang bisa dijual? Nulis yang kyak gimana tuch?
Menulis opini, surat pembaca, atau juga cerpen dan dikirim ke media massa (cetak) seperti koran, majalah, atau koran. Karena biasanya untuk tulisan-tulisan pembaca yang diterbitkan di media massa (cetak) akan diberikan apresiasi berupa 'honor' dari media yang menerbitkan tulisan tersebut. Besarnya sich berbeda-beda dari satu media cetak dengan media cetak yang lain.

Kemudian kita bisa juga menulis Novel atau buku literatur dengan konsentrasi ilmu tertentu (misal, teknik elektro, ekonomi, teknik mesin, dan sebagainya). Kita semua tahu kan, kalau penulis buku berupa novel atau buku literatur akan mendapatkan ROYALTI dari penerbit buku tulisannya itu?

ohh...ya...ya...paham ane sekarang!

Jadi solusi untuk rasa bosan adalah dengan MEMBACA buku bermanfaat dan kemudian MENULIS! Dengan membaca ilmu kita pasti akan bertambah. Dengan update ilmu kita pasti bisa berbagi ilmu yang kita peroleh dengan orang lain, yaitu dengan menuliskan kembali ilmu yang kita dapatkan itu. Kemudian jika tulisan itu kita jual supaya diterbitkan, maka tambahan isi kantong akan kita dapatkan.

Selain itu, dengan berbagi ilmu melalui tulisan (buku atau yang lain) dengan orang lain kita akan mendapatkan pahala kebaikan dari Allah SWT. Karena "sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain" dan ilmu yang bermanfaat (yang di-share dengan orang lain) adalah salah satu amalan yang tak akan putus PAHALANYA walaupun si pemilik ilmu sudah meninggal.

So...tunggu apa lagi, Ayo mulai menulis!



Wonogiri, 13 November 2011
Disaat aku dirundung bosan!

0 comments:

Posting Komentar